Cara Buat Aplikasi Android Text To PDF Di Android Studio


Halo..... teman - teman blogger selamat pagi, siang, sore, malam dan salam kenal nama saya Ahmad Nufairi, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Source Code Cara Buat Aplikasi Android Text To PDF Menggunakan Android Studio yang saya dapat dari aplikasi yang bernama Android App Development yang sudah saya modifikasi Source Codenya.

Yang dimana cara kerja dari aplikasi ini yaitu merubah text menjadi file yang berformat pdf, dan bahasa pemprograman yang dipakai yaitu menggunakan bahasa pemprograman java, kenapa java? karena admin sendiri belajarnya bahasa pemprograman Java.

mudah - mudahan source code ini bisa bermanfaat seperti dijadikan bahan untuk belajar, refrensi skiripsi, pengembangan aplikasi dan lain -lain. Untuk Source Codenya teman - teman bisa lihat halaman dibawah ini, saran ikuti langkah demi langkah dengan harapan tidak terjadi Error.

Langkah Pertama  buat project baru pilih File > New > New Project lalu pilih EmptyActivity terus click Next kemudian kita beri nama aplikasi kita dengan nama Text to PDF dan untuk API menggunakan API 14.


langkah kedua teman - teman buka gradle lalu tambahkan liblary "implementation 'com.itextpdf:itextg:5.5.10' " tanpa tanda petik dua (" ") di build.gradle(Module: app) seperti contoh dibawah.

Kemudian untuk langkah ketiga  tambahkan permission di AndroidManifest.xml seperti contoh dibawah.

untuk langkah keempat kita buka activity_main.xml lalu ketik atau copy paste code  dibawah ini.

untuk langkah terahir jangan lupa teman -  teman tambahkan code di bagian MainActivity.java seperti contoh code dibawah ini.

untuk hasil run kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini dan untuk file pdfnya kalian bisa lihat di folder text to pdf  yang secara otomatis akan membuat folder dengan nama Text to PDF sendiri ketika teman - teman berhasil membuat file pdf yang ada pada memory internal Smart Phone teman - teman. kalau teman - teman membuat aplikasi ini langkah demi langkah seperti yang ada di tutorial kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah atau Error.




oh ya teman - teman kalau source code text to pdf ini bermanfaat jangan lupa share ya.... dan mohon dukungannya dengan harapan blog ini berkembang dan selalu membagikan informasi buat teman - teman   terimakasih.....

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Buat Aplikasi Android Text To PDF Di Android Studio"

Note: Only a member of this blog may post a comment.