Cara Buat OCR Reader Atau Gambar Menjadi Text Menggunakan Android Studio


Sekarang saya akan kembali membagikan source code android studio gratis pada teman – teman yang dimana kita sekarang akan membuat aplikasi OCR. Mungkin teman – teman bertanya “apa sih manfaat aplikasi ini ?” jawabannya simple ialah untuk mempermudah membuat text tanpa harus mengetik hanya dengan mengarahkan camera ke gambar yang berbentuk text.

Mudah - mudahan aplikasi ini bisa bermanfaat dan siapa tahu bisa dijadikan referensi untuk belajar, skiripsi maupun digunakan untuk hal penting lainnya, dan bahasa pemprograman yang digunakan pada aplikasi ini yaitu java, kenapa java? Karena admin familiar dengan bahasa pemprograman java.

Oke sekarang kita buat projectnya.....

Pertama Buka Android Studio kalian lalu pilih file > New > new project lalu pilih Empty Activity lalu Click Next kemudian beri nama project kalian "OCR" tanpa tanda petik. Untuk API menggunkan API 14.



Untuk yang kedua kita buka gradle lalu tambahkan liblary "implementation  'com.google.android.gms:play-services-vision:11.0.4'" tanpa tanda petik dua (" ")  di build.gradle(Module: app) seperti  contoh dibawah. 

build.gradle(Module: app)

Lalu untuk langkah yang ketiga  tambahkan permission di AndroidManifest.xml seperti contoh dibawah.

AndroidManifest.xml

Kemudian yang keempat buka
activity_main.xml lalu ketik  atau copy 
code  dibawah ini.

activity_main.xml

untuk yang terahir tambahkan code di bagian MainActivity.java seperti contoh
dibawah ini.

MainActivity.java


Baca Juga:


untuk hasil run kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini. kalau teman - teman membuat aplkasi ini langkah demi langkah seperti yang ada di tutorial kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah atau Error.

Sekian dulu tutorialnya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa dukung blog ini dengan harapan akan berkembang dan selalu membagikan code gratis untuk teman - teman terimkasih sampai jumpa tutorial berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Buat OCR Reader Atau Gambar Menjadi Text Menggunakan Android Studio"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.